Utak – Atik Google Analytics

Diskusi dengan Om Sugeng emang banyak faedahnya. siang tadi saya dan Om Sugeng berdiskusi di ruangan Bro Jim yang menurut saya sih cocok untuk orang-orang kalo mau semedi, udah sepi, ditemenin ikan-ikan yang berenang di akuarium (yaiyalah berenang, masa shuffle -_-*), terus sofanya empuk lagi. << ini buat tidur, bukan buat semedi. Diskusi tadi siang kurang lebih membahas fungsi dari google analytics untuk rencana kerja. Dari google analytics kita bisa menentukan rencana kerja, membuat dan mengelola website, menentukan konten di website dan masih banyak lagi.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan apa itu google analytics. Menurut wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Analytics)

Emang sih saya belom paham betul dengan “mainan baru” ini, tapi seenggaknya ada insight yang bisa saya share di sini, berhubung yang tadi dibahas adalah website jendela cerita, jadi contohnya di sini adalah website tersebut,cekidot..

Pertama-tama, untuk menggunakan google analytics pastikan anda mempunyai akun google, gak mungkin kan pake akun yahoo  atau akun kaskus juragan -_-. Lalu untuk menentukan tanggal berapa kita ingin melihat hasil report website, kita bisa mengklik kolom tanggal di pojok kanan atas layar. Di sini saya mencoba menganalisis website jendela cerita dari tanggal 28 Juli 2014 – 28 Juli 2015.

menentukan tanggal

Kemudian di sebelah kiri layar, jika kita mengklik “Audience” lalu mengklik “Overview”, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

audience overview

Ada beberapa hal yang mau saya bahas di sini, dalam gambar terlihat Users 1.911, ini dapat diartikan jumlah pengguna website jendela cerita sebanyak 1.911. Bounce rate menunjukkan presentase pengguna yang masuk ke website jendela cerita lalu keluar lagi pada saat yang sama. Prinsipnya Bounce rate dikatakan bagus jika presentasenya makin kecil. Bounce rate bisa digunakan sebagai indikator kualitas konten website. Sedangkan lingkaran di pojok kanan bawah menunjukan pengunjung website jendela cerita. Lingkaran hijau menunjukkan pengguna baru, sedangkan lingkaran biru menunjukkan pengguna yang kembali lagi ke website jendela cerita, dalam kata lain loyalis website jendela cerita.

Selanjutnya jika kita mengklik kolom “acquisition”, lalu mengklik overview, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

acquisition overview

Lingkaran warna biru menunjukkan presentase pengunjung website jendela cerita melalui tautan, lingkaran warna hijau menunjukkan presentase pengunjung website jendela cerita yang langsung mengunjungi website jendela cerita (penabulu.net), lingkaran warna oranye menunjukkan presentase pengunjung website jendela cerita melalui search engine (google search, yahoo, bing dan lain-lain), sedangkan lingkaran warna kuning menunjukkan presentase pengunjung website jendela cerita melalui media sosial (facebook, twitter dan lain-lain). Lingkaran biru menunjukkan kekuatan jaringan, sedangkan lingkaran hijau menujukkan kekuatan branding.

Jika kita mengklik “behavior” di sebelah kiri layar lalu mengklik “all pages”, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

behavior all pages

Ada beberapa hal yang menurut saya unik di sini. Ternyata laman “blog” dan “activity” termasuk dalam lima besar laman yang sering dikunjungi! Ini menunjukkan bahwa semakin aktif member di jendela cerita ini menulis, maka tidak menutup kemungkinan bounce rate website jendela cerita berada di angka 20%, kan saya juga yang bahagia 😀 Selain itu ternyata ada beberapa member yang profilenya masuk dalam 10 besar laman yang paling sering dikunjungi. Ini artinya profile member juga jadi bahan pertimbangan pengunjung website jendela cerita untuk berkunjung. Maka dari itu, yang merasa profilenya “biasa banget”, bisa kok mencontoh profile member yang ada di atas, syukur-syukur dikasih wejangan hehehe..

Jika saya dapat insight baru lagi, entah itu google analytics atau mainan baru lainnya, pasti akan saya share di sini. Saya harap teman-teman juga melakukan hal yang sama seperti saya karena “Berbagi bikin happy”<< ini motto kelas berbagi.