Cerita Tentang Rahasia

Saya mendapat kesempatan untuk menonton hasil karya anak bangsa, dengan tema “cerita tentang rahasia”, kami para penonton diajak untuk melihat realitas yang terjadi di sekitar kami. Teh Nia, begitu biasa Ia dipanggil, memang piawai menemukan sutradara muda yang berani dan kreatif. Hal ini dapat dilihat dari ketiga film yang mereka hasilkan.

Film pertama berjudul “Sleep Tight, Maria”, ini merupakan film fiksi satu-satunya di pemutaran ini. Biarpun fiksi, menurut saya film ini sangat berhasil memancing reaksi penonton. Dikisahkan seorang murid perempuan yang harus sekamar saat retret dengan murid paling populer dan jadi panutan di sekolahnya. Ada kebiasaan yang Ia lakukan sebelum tidur. Endingnya menurut saya cukup menarik karena benar-benar mengundang tawa seluruh penonton.

Film kedua adalah “Pertanyaan Untuk Bapak”, film bergenre dokumenter ini mengisahkan tentang seorang Pria bernama Yatna yang ingin mencari Bapaknya yang telah lama meninggalkannya. Dalam film ini sangat tergambar ketegangan dari Yatna yang ingin bertemu Bapaknya setelah berpisah lebih dari 20 tahun. Terlihat di sini beragam kesulitan yang dialami Yatna dalam proses bertemu Bapaknya.

Film Ketiga berjudul “Emak dari Jambi”, menurut saya film ini sangat sukses menjadi film penutup malam itu, Emak Kurtini di film ini terlihat sangat polos sehingga banyak mengundang tawa penonton. Namun tidak hanya tawa, di film ini pun penonton diajak untuk merasakan emosi yang dialami oleh Emak Kurtini setelah melihat Anaknya yang berubah menjadi Waria.

Memang sangat sedikit yang bisa saya gambarkan dari ketiga film tersebut, lebih baik jika Anda menonton sendiri ketiga film ini, saya harap saya bisa menonton kembali film ini. ^^